Prosedur ini dipergunakan sebagai petunjuk dalam proses praktikum yang berkaitan dengan persyaratan Sistem Penjaminan mutu yang akan diterapkan oleh Politeknik Pariwisata Prima Internasional. Prosedur Kegiatan Praktikum meliputi aktivitas pelaksanaan praktikum sebagai berikut :
a. Jenis Kegiatan Praktikum,
b. Kelembagaan Praktikum,
c. Tata Tertib Kegiatan Praktikum,
d. Persiapan Praktikum,
e. Pelaksanaan Praktikum, dan
f. Evaluasi kegiatan Praktikum
RINCIAN PROSEDUR
a. Persiapan Pratikum
1) Tim pengajar mengadakan pertemuan persiapan praktikum yang meliputi pembahasan Topik praktikum, Buku Penuntun Praktikum, Alat dan bahan praktikum sebelum pelaksanaan praktikum dimulai.
2) Pembimbing praktikum menerima daftar peserta praktikum dari jurusan melalui BAAK selambat-lambatnya seminggu sebelum praktikum dimulai.
3) Laboran/Teknisi memperoleh jadwal praktikum dari Dosen pembimbing praktikum.
4) Laboran/Teknisi menyiapkan peralatan dan bahan yang akan digunakan untuk praktikum.
b. Pelaksanaan Praktikum
1) Mahasiswa melaksanakan kegiatan praktikum sesuai dengan jadwal minimal 12 dan maksimal 14 kali pertemuan dalam satu semester.
2) Pada awal pertemuan dosen menyampaikan kontrak praktikum termasuk GBPP/SAP, dan materi praktikum.
3) Dosen menyampaikan materi sesuai dengan GBPP dan RPP
4) Mahasiswa menandatangani daftar hadir.
5) Setelah membimbing praktikum dosen mengisi daftar hadir Dosen.
6) Dosen menyerahkan daftar hadir ke jurusan atau program studi pada akhir pertemuan kegiatan praktikum