ISI BUKU MUTU 01 : STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
1. KEBIJAKAN MUTU
2. MANUAL MUTU STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
3. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
4. FORMULIR STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
No. | Parameter mutu | Indikator |
1. | Kompetensi Lulusan | Berdasarkan Level 3 KKNI |
Penetapan | 1. Kompetensi lulusan berdasarkan Visi Misi Politeknik Pariwisata Prima Internasional,
2. UU No 8/2012 tentang KKNI, tracer study, masukan industri, 3. Stake Holder, standart MRA (ASEAN), Kompetensi lulusan berdasarkan Skill, Knowledge, Attitude, capaian pembelajaran lulusan, capaian pembelajaran mata kuliah. |
|
Pelaksanaan | 1. Sosialisasi Kurikulum dalam bentuk buku pedoman.
2. Pembuatan RPS. 3. Pedoman Akademik. |
|
Evaluasi | 1. Pedoman Evaluasi Lulusan.
2. Tracer Study. 3. Uji Kompetensi. |
|
Pengendalian | 1. Review Kurikulum
2. Revisi Kurikulum 3. Dinyatakan dengan jelas dalam sebuah dokumen/buku Pedoman |
|
Peningkatan | 1. Kemampuan skill, knowledge, attitude.
2. Kemampuan Kompetensi 3. Melalui Evaluasi Mutu Internal |
No. | Parameter mutu | Indikator | ||
2 | Rata-rata IPK | Persentase Rata-rata IPK >= 3.0 (skala1-4) | ||
Penetapan | 1. Evaluasi Diri
2. Rapat nilai 3. Laporan kinerja |
|||
Pelaksanaan | 1. Pemantauan proses belajar
2. Evaluasi hasil proses belajar |
|||
Evaluasi | Evaluasi kinerja | |||
Pengendalian | 1. Melalui pengembangan standar penilaian
2. Batas waktu menyerahkan nilai UTS dan UAS |
|||
Peningkatan | 1. Sosialisasi penetapan IPK minimum kepada civitas akademika
2. Peningkatan keterampilan, pengetahuan dosen dan mahasiswa 3. Melalui Evaluasi Mutu Internal |
No. | Parameter mutu | Indikator |
3 | Score TOEIC | Diploma tiga = TOEIC >= 400 |
Penetapan | 1. Evaluasi Diri
2. Rapat nilai TOEIC 3. Laporan kinerja |
|
Pelaksanaan | 1. Melalui standar penilaian TOEIC
2. Melalui test TOEIC dilaksanakan semester satu, dua, dan enam 3. Batas waktu menyerahkan nilai TOEIC |
|
Evaluasi | Evaluasi hasil test TOEIC. | |
Pengendalian | Remedial bagi mahasiswa yang belum memenuhi standar minimum TOEIC | |
Peningkatan | 1. Sosialisasi penetapan nilai TOEIC minimum kepada mahasiswa
2. Kemampuan TOEIC bagi mahasiswa yang belum memenuhi nilai minimum TOEIC. 3. Melalui Evaluasi Mutu Internal |
No. | Parameter mutu | Indikator |
4 | Kemampuan Lulusan | kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan di bidang pariwsiata yang bersifat rutin, maupun yang belum akrab dengan sifat-sifat maupun konstekstualnya, secara mandiri dalam pelaksanaan maupun tanggung jawab pekerjaannya, serta mampu melaksanakan pengawasan dan bimbingan atas dasar keterampilan manajerial yang dimilikinya. |
Penetapan | 1. Kompetensi lulusan berdasarkan Visi Misi Politeknik Pariwisata Prima Internasional , Visi Misi Politeknik Pariwisata Prima Internasional.
2. UU No 8/2012 tentang KKNI, tracer study 3. masukan industristake holder, 1. standar MRA (ASEAN), Kompetensi lulusan berdasarkan Skill, Knowledge, Attitude, capaian pembelajaran lulusan, capaian pembelajaran mata kuliah 2. Permenristekdikti nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi |
|
Pelaksanaan | 1. Sosialisasi kompetensi lulusan dan Kurikulum dalam bentuk buku pedoman
2. RPS 3. Proses pembelajaran berbasis Kompetensi 4. Pedoman Akademik |
|
Evaluasi | 1. Pedoman Evaluasi
2. Tracer Study, melingkupi dalam hal pencarian kerja, situasi kerja dan pemanfaatan pemerolehan kompetensi selama kuliah 3. Uji Kompetensi |
|
Pengendalian | 1. Review Kurikulum.
2. Revisi Kurikulum. 3. Dinyatakan dengan jelas dalam sebuah dokumen/buku Pedoman. |
|
Peningkatan | 1. Kemampuan skill, knowledge, attitude.
2. Kemampuan Kompetensi 3. Melalui Evaluasi Mutu Internal |
No. | Parameter mutu | Indikator |
Kemampuan Lulusan – Sikap | Penghayatan mahasiswa terhadap 4 nilai (Yayasan Prima Ardian Tana), norma, dan aspek di sekitar kehidupannya yang tumbuh dari proses pendidikan, pengalaman kerja, lingkungan kehidupan keluarga, atau masyarakat secara luas | |
Penetapan | 1. Kompetensi lulusan berdasarkan Visi Misi Politeknik Pariwisata prima Internasional ,
2. UU No 8/2012 tentang KKNI, 3. Masukan stake holder, 4. Permenristekdikti nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi 5. Putusan pengurus Yayasan Prima Ardian Tana |
|
Pelaksanaan | 1. Sosialisasi kompetensi lulusan dan Kurikulum dalam bentuk buku pedoman.
2. RPS. 3. Proses pembelajaran berbasis Kompetensi 4. Pedoman Akademik. |
|
Evaluasi | 1. Pedoman Evaluasi
2. Tracer Study, melingkupi dalam hal pencarian kerja, situasi kerja dan pemanfaatan pemerolehan kompetensi selama kuliah 3. Uji Kompetensi |
|
Pengendalian | 1. Review Kurikulum.
2. Revisi Kurikulum. 3. Dinyatakan dengan jelas dalam sebuah dokumen/buku Pedoman. |
|
Peningkatan | 1. Kemampuan attitude.
2. Kemampuan Kompetensi 3. Melalui Evaluasi Mutu Internal |
No. | Parameter mutu | Indikator |
Kemampuan Lulusan –Keterampilan | kemampuan psikomotorik dan kemampuan menggunakan metode, bahan, dan instrumen, yang diperoleh melalui pendidikan, pelatihan, dan pengalaman kerja | |
Penetapan | 1. Kompetensi lulusan berdasarkan Visi Misi Politeknik Pariwisata Prima Internasional ,
2. UU No 8/2012 tentang KKNI, 3. Masukan stake holder, 4. Permenristekdikti nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi 5. Putusan pengurus Yayasan Prima Ardian Tana |
|
Pelaksanaan | 1. Sosialisasi kompetensi lulusan dan Kurikulum dalam bentuk buku pedoman.
2. RPS. 3. Proses pembelajaran berbasis Kompetensi 4. Pedoman Akademik. |
|
Evaluasi | 1. Pedoman Evaluasi
2. Tracer Study, melingkupi dalam hal pencarian kerja, situasi kerja dan pemanfaatan pemerolehan kompetensi selama kuliah 3. Uji Kompetensi |
|
Pengendalian | 1. Review Kurikulum.
2. Revisi Kurikulum. 3. Dinyatakan dengan jelas dalam sebuah dokumen/buku 4. Pedoman. |
|
Peningkatan | 1. Kemampuan Skill.
2. Kemampuan Kompetensi 3. Melalui Evaluasi Mutu Internal |
No. | Parameter mutu | Indikator |
Kemampuan Lulusan –Pengetahuan | Penguasaan teori oleh seseorang pada suatu bidang keilmuan dan keahlian tertentu atau pemahaman tentang konsep, fakta, informasi, dan metodologi pada bidang pekerjaan tertentu | |
Penetapan | 1. Kompetensi lulusan berdasarkan Visi Misi Politeknik Pariwisata Prima Internasional,
2. UU No 8/2012 tentang KKNI, 3. Masukan stake holder, 4. Permenristekdikti nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi 5. Putusan pengurus Yayasan Prima Ardian |
|
Pelaksanaan | 1. Sosialisasi kompetensi lulusan dan Kurikulum dalam bentuk buku pedoman.
2. RPS. 3. Proses pembelajaran berbasis Kompetensi 4. Pedoman Akademik.
|
|
Evaluasi | 1. Pedoman Evaluasi
2. Tracer Study, melingkupi dalam hal pencarian kerja, situasi kerja dan pemanfaatan pemerolehan kompetensi selama kuliah 3. Uji Kompetensi |
|
Pengendalian | 1. Review Kurikulum.
2. Revisi Kurikulum. 3. Dinyatakan dengan jelas dalam sebuah dokumen/buku Pedoman. |
|
Peningkatan | 1. Kemampuan knowledge.
2. Kemampuan Kompetensi 3. Melalui Evaluasi Mutu Internal |
No. | Parameter mutu | Indikator |
5 | Evaluasi Lulusan | Rata-rata kinerja lulusan oleh stakeholder (skala 1-5) |
Penetapan | 1. Tracer study,
2. Akreditasi BAN PT |
|
Pelaksanaan | Tracer study dilaksanakan oleh bagian kemahasiswaan dan alumni yang meliputi : Integritas (etika dan moral), keahlian berdasarkan bidang ilmu (profesinalisme), bahasa Inggris, penggunaan teknologi informasi, komunikasi, kerjasama tim dan pengembangan diri. | |
Evaluasi | Evaluasi Hasil Tracer study | |
Pengendalian | 1. Dinyatakan dengan jelas dalam sebuah dokumen/buku Pedoman Tracer Study.
2. Laporan Tahunan Rata-rata kinerja lulusan oleh stakeholder |
|
Peningkatan | 1. Gaji lulusan
2. Jabatan lulusan 3. Melalui Evaluasi Mutu Internal |