BUKU 31 : STANDAR PENERIMAAN MAHASISWA BARU

ISI BUKU MUTU 31

1.KEBIJAKAN MUTU

2.MANUAL MUTU STANDAR PENERIMAAN MAHASISWA BARU

3. STANDAR PENERIMAAN MAHASISWA BARU

4. FORMULIR STANDAR PENERIMAAN MAHASISWA BARU

PARAMETER

Parameter mutu Indikator
1 Penerimaan Calon Mahasiswa 1.     Kelengkapan Administrasi Calon Mahasiswa

2.     Dilakukan Tes Pengetahuan

3.     Dilakukan Tes Kesehatan

Penetapan Berdasarkan rapat koordinasi bidang kerjasama dan pemasaran dengan direktur, bidang 1 dan bidang 2.
Pelaksanaan 1.     Pendaftar Mengisi data atau formulir pendaftaran secara online atau melalui Panitia PMB Poltek Pariwisata Prima Internasional baik di Kampus maupun di Expo atau pameran . Calon mahasiswa yang datang ke tempat pendaftaran (peserta datang sendiri tidak boleh diwakilkan);

2.     Membayar biaya tes kesehatan melalui Bank yang bekerjasama dengan   Poltek Pariwisata Prima Internasional. Untuk melakukan validasi data yang telah diinputkan dengan membawa dokumen yang disyaratkan (termasuk kuitansi pembayaran dari Bank.

3.     Pendaftar melakukan Konfirmasi pembayaran melalui online atau datang ke kampus, dengan melampirkan atau menyertakan bukti pembayaran.

4.     Kartu USM atau Ujian Saringan Masuk dapat dicetak sendiri atau meminta kepada panitia PMB Poltek Pariwisata Prima Internasional, dalam kartu USM tersebut, terdapat jadwal USM.

5.     Peserta melakukan USM baik tulis maupun wawancara, bersamaan proses ini membawa persyaratan awal pendaftaran seperti : foto, fotocopy ijazah atau surat keterangan lulus, dll.

6.     Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan melalui website, media sosial resmi, harian / koran lokal dan papan pengumuman sesuai dengan program studi yang dipilih; dan

7.     Setelah mahasiswa dinyatakan lulus, maka tahap selanjutnya melakukan daftar ulang (heregistrasi).

Evaluasi Berdasarkan data diambil koreksi berupa :

1.   biodata calon mahasiswa dalam formulir

2.   Jumlah dosen peng interview dengan jumlah peserta seleksi

Pengendalian Bila ada penyimpangan/belum tercapai standard maka akan dilakukan koreksi dan/pencegahan melalui:

1.   check rekaman biodata dalam formulir

2.   daftar hadir peserta seleksi

Peningkatan 1.   peningkatan jumlah peserta seleksi

2.   peningkatan pelayanan peserta seleksi

3.   peningkatan kualitas hasil seleksi

4.   Melalui Evaluasi Mutu Internal (EMI)

Parameter mutu            Indikator
2 Kategori tidak mampu ekonomi 1.   Kelengkapan Administrasi Calon Mahasiswa

2.   Dilakukan Tes Pengetahuan

Penetapan 1.   Berdasarkan rapat koordinasi bidang kerjasama dan pemasaran dengan direktur, bidang 1, bidang 2 dan bidang 3

2.   Beasiswa Mahasiswa Baru (Beasiswa: Politeknik Pariwisata Prima Internasional, Yayasan Beasiswa Prima Ardian Tana, Unggulan Kemendikbud)

Pelaksanaan Menggunakan Prosedur Penerimaan Mahasiswa Baru:

  1. Membuat surat lamaran beasiswa
  2. Foto copy akte kelahiran, Kartu Keluarga (KK), Kartu Indonesia Pintar, Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP)
  3. Foto copy raport (rata-rata minimal 7,0)
  4. Kelengkapan dokumen beasiswa dikumpulkan di Politeknik Pariwisata Prima Internasional pada tanggal yg ditentukan
  5. Seleksi tes beasiswa di Politeknik Pariwisata Prima Internasional : Test Kesehatan
  6. Bagi yang lolos seleksi di Politeknik Pariwisata Prima Internasional, harus mengikuti seleksi tahap ke 2, yaitu tes kesehatan
  7. Pengumuman bagi yang tidak diterima atau diterima beasiswa mahasiswa baru (Beasiswa: Politeknik Pariwisata Prima Internasional, Yayasan Beasiswa Prima Ardian Tana, Unggulan Kemendikbud)
Evaluasi 1.   Laporan nilai KHS (IP) per-semester

2.   Laporan kegiatan per-semester

3.   Beasiswa Politeknik Pariwisata Prima Internasional dan Yayasan Beasiswa Prima Ardian Tana IP ≥ 3,50. Beasiswa Unggulan Kemendikbud ≥ 2,75

Pengendalian Bila ada penyimpangan/belum tercapai standard IP dibawah standar yang ditetapkan, melanggar disiplin mahasiswa, maka akan dilakukan koreksi dan/pencegahan melalui:

1.   Pembinaan mahasiswa penerima beasiswa

2.   Pemberian sanksi (cabut beasiswa)

Peningkatan 1.   Peningkatan prestasi akademik (IPK ≥ 3,50)

2.   Peningkatan prestasi non akademik (juara lomba)

3.   Pembuatan ISR (Intellectual Social Responsibility)

4.   Attitude mahasiswa menjadi lebih baik

5.   Peningkatan kualitas penerima beasiswa

6.   Melalui Evaluasi Mutu Internal (EMI)

Parameter mutu Indikator
3 Kategori tidak mampu fisik 1.    Kelengkapan Administrasi Calon Mahasiswa

2.    Rekomendasi medis

Penetapan 1.   Berdasarkan rapat koordinasi bidang kerjasama dan pemasaran dengan direktur, bidang 1, bidang 2 dan bidang 3

2.   Calon Mahasiswa Berkebutuhan Khusus (Tuna Runggu)

Pelaksanaan Berdasarkan Borang Akreditasi Institusi  Perguruan Tinggi :

  1. Memberikan kesempatan dan peluang bagi calon mahasiswa berkebutuhan khusus, melaksanakan Test Kesehatan  dan Test Fisik : Test Buta Warna
  2. Lolos seleksi di Politeknik Pariwisata Prima Internasional
  3. Adanya komitmen antara lembaga dengan calon mahasiswa
  4. Mendapatkan rekomendasi dari dokter dan atau kepala sekolah SMA/SMK
  5. Mendapatkan perlakuan yang sama dengan mahasiswa lain
Evaluasi 1.   Laporan nilai IP per-semester

2.   Kemampuan bersosialisasi

Pengendalian Bila ada penyimpangan/belum tercapai standard, maka akan dilakukan koreksi dan/pencegahan melalui:

1.   Monitoring khusus per iindividu

2.   Konsultasi dengan Psikolog

Peningkatan 1.   Peningkatan prestasi akademik

2.   Peningkatan prestasi non akademik

3.   Melalui Evaluasi Mutu Internal (EMI)

Parameter mutu            Indikator
4 Ekuitas Kelengkapan Administrasi Calon Mahasiswa

 

Penetapan 1.   Berdasarkan rapat koordinasi bidang kerjasama dan pemasaran dengan direktur, bidang 1, bidang 2 dan bidang 3

2.   Menerima calon mahasiswa dari semua suku, ras, dan agama, tidak membeda-bedakan jenis kelamin, golongan, ataupun status sosialnya.

Pelaksanaan Berdasarkan Borang Akreditasi Institusi  Perguruan Tinggi :

1.   Menerima  mahasiswa  dari  berbagai  latar belakang agama. Untuk itu di dalam kurikulum, terdapat mata kuliah agama yang terdiri dari agama-agama Islam, Kristen Protesan, Katholik, Hindu, dan Budha.

2.   Keberadaan unit kegiatan mahasiswa (UKM) bidang kerohanian

Evaluasi 1.   Laporan kegiatan mata kuliah agama

2.   Laporan kegiatan UKM bidang kerohanian

Pengendalian Bila ada penyimpangan/belum tercapai standard, maka akan dilakukan koreksi dan/pencegahan melalui:

1.   Evaluasi mata kuliah agama

2.   Monitoring kegiatan UKM bidang kerohanian

Peningkatan 1.   Peningkatan kualitas kuliah agama

2.   Peningkatan jumlah kegiatan UKM bidang kerohanian

3.   Melalui Evaluasi Mutu Internal (EMI)

Parameter mutu            Indikator
5 Geografi Kelengkapan Administrasi Calon Mahasiswa

 

Penetapan 1.   Berdasarkan rapat koordinasi bidang kerjasama dan pemasaran dengan direktur, bidang 1, bidang 2 dan bidang 3.

2.   Daya tarik ST secara nasional, berupa penyebaran mahasiswa yg berasal dari berbagai provinsi, yang ditunjukkan oleh paling sedikit 50% dari semua propinsi di Indonesia ada wakilnya di ST, dan 20% populasi mahasiswa berasal dari propinsi tersebut

Pelaksanaan Berdasarkan Borang Akreditasi Institusi  Perguruan Tinggi dan Program Kerja Yayasan Prima Ardian Tana:

  1. Mahasiswa Politeknik Pariwisata Prima Internasional berasal dari beberapa wilayah yang ada di  Indonesia
  2. Mahasiswa Politeknik Pariwisata Prima Internasional penerima beasiswa Politeknik Pariwisata Prima Internasional, Yayasan Beasiswa Prima Ardian Tana dan Beasiswa Unggulan Kemendikbud diprioritaskan berasal dari daerah 3 T
Evaluasi 1.   Laporan jumlah mahasiswa baru berdasarkan prinsip pemerataan wilayah (jumlah provinsi)

2.   Laporan jumlah mahasiswa baru penerima beasiswa berasal dari luar pulau Jawa

Pengendalian Bila ada penyimpangan/belum tercapai standard, maka akan dilakukan koreksi dan/pencegahan melalui:

1.   Ikatan mahasiswa berdasarkan asal provinsi

Peningkatan 1.   Peningkatan kegiatan promosi di luar pulau Jawa dan daerah 3 T

2.   Meningkatkan pelayanan dan memfasilitasi calon mahasiswa yang berasal dari luar pulau Jawa.

3.   Melalui Evaluasi Mutu Internal (EMI)

 

Article Attachments

Was this article helpful?

Related Articles