ISI BUKU MUTU 31
1.KEBIJAKAN MUTU
2.MANUAL MUTU STANDAR PENERIMAAN MAHASISWA BARU
3. STANDAR PENERIMAAN MAHASISWA BARU
4. FORMULIR STANDAR PENERIMAAN MAHASISWA BARU
PARAMETER
Parameter mutu | Indikator | |
1 | Penerimaan Calon Mahasiswa | 1. Kelengkapan Administrasi Calon Mahasiswa
2. Dilakukan Tes Pengetahuan 3. Dilakukan Tes Kesehatan |
Penetapan | Berdasarkan rapat koordinasi bidang kerjasama dan pemasaran dengan direktur, bidang 1 dan bidang 2. | |
Pelaksanaan | 1. Pendaftar Mengisi data atau formulir pendaftaran secara online atau melalui Panitia PMB Poltek Pariwisata Prima Internasional baik di Kampus maupun di Expo atau pameran . Calon mahasiswa yang datang ke tempat pendaftaran (peserta datang sendiri tidak boleh diwakilkan);
2. Membayar biaya tes kesehatan melalui Bank yang bekerjasama dengan Poltek Pariwisata Prima Internasional. Untuk melakukan validasi data yang telah diinputkan dengan membawa dokumen yang disyaratkan (termasuk kuitansi pembayaran dari Bank. 3. Pendaftar melakukan Konfirmasi pembayaran melalui online atau datang ke kampus, dengan melampirkan atau menyertakan bukti pembayaran. 4. Kartu USM atau Ujian Saringan Masuk dapat dicetak sendiri atau meminta kepada panitia PMB Poltek Pariwisata Prima Internasional, dalam kartu USM tersebut, terdapat jadwal USM. 5. Peserta melakukan USM baik tulis maupun wawancara, bersamaan proses ini membawa persyaratan awal pendaftaran seperti : foto, fotocopy ijazah atau surat keterangan lulus, dll. 6. Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan melalui website, media sosial resmi, harian / koran lokal dan papan pengumuman sesuai dengan program studi yang dipilih; dan 7. Setelah mahasiswa dinyatakan lulus, maka tahap selanjutnya melakukan daftar ulang (heregistrasi). |
|
Evaluasi | Berdasarkan data diambil koreksi berupa :
1. biodata calon mahasiswa dalam formulir 2. Jumlah dosen peng interview dengan jumlah peserta seleksi |
|
Pengendalian | Bila ada penyimpangan/belum tercapai standard maka akan dilakukan koreksi dan/pencegahan melalui:
1. check rekaman biodata dalam formulir 2. daftar hadir peserta seleksi |
|
Peningkatan | 1. peningkatan jumlah peserta seleksi
2. peningkatan pelayanan peserta seleksi 3. peningkatan kualitas hasil seleksi 4. Melalui Evaluasi Mutu Internal (EMI) |
Parameter mutu | Indikator | |
2 | Kategori tidak mampu ekonomi | 1. Kelengkapan Administrasi Calon Mahasiswa
2. Dilakukan Tes Pengetahuan |
Penetapan | 1. Berdasarkan rapat koordinasi bidang kerjasama dan pemasaran dengan direktur, bidang 1, bidang 2 dan bidang 3
2. Beasiswa Mahasiswa Baru (Beasiswa: Politeknik Pariwisata Prima Internasional, Yayasan Beasiswa Prima Ardian Tana, Unggulan Kemendikbud) |
|
Pelaksanaan | Menggunakan Prosedur Penerimaan Mahasiswa Baru:
|
|
Evaluasi | 1. Laporan nilai KHS (IP) per-semester
2. Laporan kegiatan per-semester 3. Beasiswa Politeknik Pariwisata Prima Internasional dan Yayasan Beasiswa Prima Ardian Tana IP ≥ 3,50. Beasiswa Unggulan Kemendikbud ≥ 2,75 |
|
Pengendalian | Bila ada penyimpangan/belum tercapai standard IP dibawah standar yang ditetapkan, melanggar disiplin mahasiswa, maka akan dilakukan koreksi dan/pencegahan melalui:
1. Pembinaan mahasiswa penerima beasiswa 2. Pemberian sanksi (cabut beasiswa) |
|
Peningkatan | 1. Peningkatan prestasi akademik (IPK ≥ 3,50)
2. Peningkatan prestasi non akademik (juara lomba) 3. Pembuatan ISR (Intellectual Social Responsibility) 4. Attitude mahasiswa menjadi lebih baik 5. Peningkatan kualitas penerima beasiswa 6. Melalui Evaluasi Mutu Internal (EMI) |
Parameter mutu | Indikator | |
3 | Kategori tidak mampu fisik | 1. Kelengkapan Administrasi Calon Mahasiswa
2. Rekomendasi medis |
Penetapan | 1. Berdasarkan rapat koordinasi bidang kerjasama dan pemasaran dengan direktur, bidang 1, bidang 2 dan bidang 3
2. Calon Mahasiswa Berkebutuhan Khusus (Tuna Runggu) |
|
Pelaksanaan | Berdasarkan Borang Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi :
|
|
Evaluasi | 1. Laporan nilai IP per-semester
2. Kemampuan bersosialisasi |
|
Pengendalian | Bila ada penyimpangan/belum tercapai standard, maka akan dilakukan koreksi dan/pencegahan melalui:
1. Monitoring khusus per iindividu 2. Konsultasi dengan Psikolog |
|
Peningkatan | 1. Peningkatan prestasi akademik
2. Peningkatan prestasi non akademik 3. Melalui Evaluasi Mutu Internal (EMI) |
Parameter mutu | Indikator | |
4 | Ekuitas | Kelengkapan Administrasi Calon Mahasiswa
|
Penetapan | 1. Berdasarkan rapat koordinasi bidang kerjasama dan pemasaran dengan direktur, bidang 1, bidang 2 dan bidang 3
2. Menerima calon mahasiswa dari semua suku, ras, dan agama, tidak membeda-bedakan jenis kelamin, golongan, ataupun status sosialnya. |
|
Pelaksanaan | Berdasarkan Borang Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi :
1. Menerima mahasiswa dari berbagai latar belakang agama. Untuk itu di dalam kurikulum, terdapat mata kuliah agama yang terdiri dari agama-agama Islam, Kristen Protesan, Katholik, Hindu, dan Budha. 2. Keberadaan unit kegiatan mahasiswa (UKM) bidang kerohanian |
|
Evaluasi | 1. Laporan kegiatan mata kuliah agama
2. Laporan kegiatan UKM bidang kerohanian |
|
Pengendalian | Bila ada penyimpangan/belum tercapai standard, maka akan dilakukan koreksi dan/pencegahan melalui:
1. Evaluasi mata kuliah agama 2. Monitoring kegiatan UKM bidang kerohanian |
|
Peningkatan | 1. Peningkatan kualitas kuliah agama
2. Peningkatan jumlah kegiatan UKM bidang kerohanian 3. Melalui Evaluasi Mutu Internal (EMI) |
Parameter mutu | Indikator | |
5 | Geografi | Kelengkapan Administrasi Calon Mahasiswa
|
Penetapan | 1. Berdasarkan rapat koordinasi bidang kerjasama dan pemasaran dengan direktur, bidang 1, bidang 2 dan bidang 3.
2. Daya tarik ST secara nasional, berupa penyebaran mahasiswa yg berasal dari berbagai provinsi, yang ditunjukkan oleh paling sedikit 50% dari semua propinsi di Indonesia ada wakilnya di ST, dan 20% populasi mahasiswa berasal dari propinsi tersebut |
|
Pelaksanaan | Berdasarkan Borang Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi dan Program Kerja Yayasan Prima Ardian Tana:
|
|
Evaluasi | 1. Laporan jumlah mahasiswa baru berdasarkan prinsip pemerataan wilayah (jumlah provinsi)
2. Laporan jumlah mahasiswa baru penerima beasiswa berasal dari luar pulau Jawa |
|
Pengendalian | Bila ada penyimpangan/belum tercapai standard, maka akan dilakukan koreksi dan/pencegahan melalui:
1. Ikatan mahasiswa berdasarkan asal provinsi |
|
Peningkatan | 1. Peningkatan kegiatan promosi di luar pulau Jawa dan daerah 3 T
2. Meningkatkan pelayanan dan memfasilitasi calon mahasiswa yang berasal dari luar pulau Jawa. 3. Melalui Evaluasi Mutu Internal (EMI) |