ISI BUKU MUTU 20
1. KEBIJAKAN MUTU
2. MANUAL MUTU STANDAR PENILAIAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
3. STANDAR PENILAIAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
4. FORMULIR STANDAR PENILAIAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
PARAMETER
No. | Parameter mutu | Indikator |
1 | Unsur | Penilaian memenuhi unsur :
1. Edukatif, memberikan motivasi dan meningkatkan mutu pengabdian kepada para dosen, 2. Objektif, menilai berdasarkan indikator yang telah ditetapkan, 3. Akuntabel, Indikator penilaian dapat diakses dan dipahami para dosen, 4. Transparan, penilaian terhadap suatu pengabdian dapat diakses |
Penetapan | SOP Pengabdian kepada Masyarakat | |
Pelaksanaan | 1. Penilaian dilakukan dengan cara memotivasi dosen untuk melakukan pengabdian
2. Penilaian dilakukan secara objektif, akuntabel dan transparan |
|
Evaluasi | Penilain dilakukan dengan metode dan instrumen yang relevan, akuntabel, objektif dan transparan | |
Pengendalian | Disesuaikan dengan standar hasil, standar isi dan standar proses pengabdian kepada masyarakat | |
peningkatan | Menigkatnya penilaian kinerja pengabdian kepada masyarakat |
No. | Parameter mutu | Indikator |
2 | Indikator | Penilaian pengabdian berdasarkan :
1. Penilaian tingkat kepuasan dari masyarakat tempat pengabdian, dengan indikator : – Adanya perubahan sikap yang dirasakan/ motivasi untuk berubah positif, – Adanya peningkatan terhadap ilmu dan keterampilan, – Adanya ilmu dan/ teknologi yang dapat dimanfaatkan masyarakat secara berkelanjutan, – Masyarakat mampu menciptakan hasil dari pengabdian yang dilakukan, – Ada hasil nyata hasil dari pengabdian, – Masalah yang pernah timbul dapat diatasi/ ada penyelesaian hasil dari kegiatan pengabdian |
Penetapan | 1. Hasil penilaian pengabdian kepada masyarakat
2. Renstra pengabdian kepada masyarakat |
|
Pelaksanaan | 1. Pengabdian yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan masyarakat
2. Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan sesuai dengan bidang ilmu dosen agar ilmu dan keterampilan masyarakat dapat meningkat |
|
Evaluasi | 1. Kesuaian permohonan pengabdian dengan yang diberikan
2. Kuesioner yang disebar pada saat kegiatan pengabdian |
|
Pengendalian | Mengevaluasi hasil laporan dan hasil kuesioner | |
peningkatan | 1. Adanya ilmu baru dan meningkatnya keterampilan masyarakat
2. Melalui Evaluasi Mutu Internal (EMI) |