ISI BUKU MUTU 04
1. KEBIJAKAN MUTU
2. MANUAL MUTU STANDAR PENILAIAN PEMBELAJARAN
3. STANDAR PENILAIAN PEMBELAJARAN
4. FORMULIR STANDAR PENILAIAN PEMBELAJARAN
PARAMETER
No. | Parameter mutu | Indikator |
1 | Penilaian Hasil Belajar | Penilaian hasil belajar melalui tugas tertulis, ujian semester (UTS, UAS, Kehadiran), Kerja Praktik, Praktik Kerja Industri, Ujian dan Ujian Sidang KTA, Ujian Kompetensi |
2 | Penilaian Hasil Belajar | Nillai Akhir Semester Mata Kuliah Teori adalah gabungan nilai ujian tertulis mata kuliah teori yang terdiri atas UTS, UAS, Tugas dan Kehadiran melalui sistem online |
3 | Penilaian Kuliah Praktik | Penilaian Kuliah Praktik dari dosen pengampu Praktik, dilakukan per hari dengan melihat perkembangan kemampuan keterampilan mahasiswa |
4
|
Penilaian Karya tulis Akhir | Mekanisme evaluasi Karya Tulis Akhir sesuai dengan Peraturan Akademik. |
5
|
Pengambilan SKS | Syarat pengambilan SKS sesuai dengan Peraturan Akademik |
6 | Syarat Prakerin | Memenuhi syarat kehadiran kelas teori 85%, praktik 100% dan harus memenuhi IPK minimal 2,75 pada semester sebelumnya untuk dapat mengikuti Praktik Kerja Industri |
7 | Syarat Kelulusan | Syarat kelulusan dengan jumlah 112 SKS dan berdasarkan rapat hasil Rapat Yudisium |
8 | Kategori | Standar Penilaian Akhir Dinyatakan Dengan Huruf : A, B, C, D, E Dengan Bobot : 80-100 : A, 70-79 : B, 55-69 : C, 45-54 : D,
0-44 : E |
9 | Presentasi | Standar pemberian nilai untuk tugas presentasi :
(100-90) : dapat penyampaikan materi dengan jelas dan dimengerti, materi yang disampaikan relevan dgn topik, bahan materi luas tidak hanya dari sumber ajar utama, ada bentuk kerjasama tim (bila dibawakan oleh tim), dapat memberikan argumen yang tepat, dapat menjawab pertanyaan dengan tepat dan benar, (89-80) : dapat penyampaikan materi dengan jelas dan dimengerti, materi yang disampaikan relevan dgn topik, bahan materi luas tidak hanya dari sumber ajar utama, ada bentuk kerjasama tim (bila dibawakan oleh tim), dapat menjawab pertanyaan namun kurang tepat dan benar, (79-70) : dapat penyampaikan materi dengan jelas dan dimengerti, materi yang disampaikan relevan dgn topik, bahan materi luas tidak hanya dari sumber ajar utama, ada bentuk kerjasama tim (bila dibawakan oleh tim), tidak dapat memberikan argumen yang tepat, tidak dapat menjawab pertanyaan dengan tepat dan benar, (55-69) : dapat penyampaikan materi dengan jelas dan dimengerti, materi yang disampaikan relevan dgn topik, bahan materi luas tidak hanya dari sumber ajar utama, tidak ada bentuk kerjasama tim (bila dibawakan oleh tim), tidak dapat memberikan argumen yang tepat, tidak dapat menjawab pertanyaan dengan tepat dan benar |
10 | Tugas tertulis | Standar Pemberian Nilai Untuk Tugas Tertulis :
(90-100), bila menjawab dengan benar dan ada unsur analisanya; (80-89), bila menjawab dengan benar tanpa analisa; (70-79), bila menjawab tidak semua benar; (55-69), bila menjawab tidak semua benar dan ada kesamaan dengan jawaban teman; (45-54), bila menjawab tidak semua benar, ada kesamaan dengan jawaban teman, dan tulisan susah terbaca; (≤44), tidak dapat menjawab sama sekali atau tidak masuk saat ujian tertulis. |
11 | Tanya Jawab | Standar Pemberian Nilai Untuk Tanya Jawab :
(100), menjawab benar, tepat, lancar dan percaya diri; (90-99), menjawab benar, tepat, dan lancar; (80-89), menjawab benar dan tepat; (70-79), menjawab benar; (55-69), menjawab namun kurang tepat; (45-54), tidak dapat menjawab dengan tepat dan benar; (≤44 ), tidak dapat menjawab sama sekali atau tidak masuk saat tanya jawab. |
12 | Soal Studi Kasus | Standar Pemberian Nilai Untuk Ujian Dalam Bentuk Studi Kasus/ Analisa :
(90-100), bila menjawab dengan benar, dapat memberikan analisa secara detail dan memberikan solusi; (80-89), bila menjawab dengan benar, dapat memberikan analisa secara umum dan memberikan solusi; (70-79), bila menjawab dengan benar, dapat memberikan analisa secara umum; (55-69), bila menjawab dengan benar tanpa memberikan analisa; (45-54), bila menjawab tidak semua benar, tanpa analisa, dan tulisan susah terbaca; (≤44), tidak dapat menjawab sama sekali atau tidak masuk saat ujian studi kasus. |