BUKU 06 : STANDAR SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN

ISI BUKU MUTU 06

1. KEBIJAKAN MUTU

 2. MANUAL MUTU STANDAR SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN

 3. STANDAR SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN

 4. FORMULIR STANDAR SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN

PARAMETER

No Parameter Mutu Indikator
1 Kecukupan perlengkapan ruang kelas Setiap ruang kelas minimal disediakan papan tulis, LCD Proyektor, PC, keyboard, mouse, AC, Penunjuk waktu, kursi yang cukup, penerangan dan fentilasi udara yang cukup.
Penetapan Program Kerja dan RAPB
Pelaksanaan 1.   Memeriksa keberadaan  fasilitas ruang kelas  secara berkala

2.   Menempatkan daftar barang-barang yang ada di dalam kelas

3.   Sosialisasi peraturan secara internal

Evaluasi Memeriksa kembali fasilitas setelah digunakan pembelajaran/ perkuliahan.
Pengendalian 1.   Melakukan inventarisasi asset setiap enam (6) bulan sekali.

2.   Setiap dosen yang mengajar harus membawa kunci ruang kelas dan mengembalikannya setelah selesai mengajar

3.   Pemasangan CCTV

4.   Menyediakan formulir permintaan perbaikan barang fasilitas ruang kelas yang ditempatkan di ruang perkuliahan

Peningkatan 1.   Menjaga dan mengganti barang-barang fasilitas ruang kelas dengan baik sesuai jangka waktu pemakaiannya.

2.   Melalui Evaluasi Mutu Internal

No Parameter Mutu Indikator
2 Kecukupan ruang laboratorium Setiap ruang laboratorium minimal disediakan papan tulis, LCD Proyektor, PC, keyborad, mouse AC, kursi yang cukup, dan penerangan yang cukup.
Penetapan Program Kerja dan RAPB
Pelaksanaan 1.   Memeriksa keberadaan  fasilitas ruang kelas  secara berkala

2.   Menempatkan daftar barang-barang yang ada di dalam kelas

3.   Sosialisasi peraturan secara internal

Evaluasi Memeriksa kembali fasilitas ruang laboratorium setelah digunakan pembelajaran/ perkuliahan.
Pengendalian 1.   Melakukan inventarisasi asset setiap enam (6) bulan sekali.

2.   Setiap dosen yang mengajar harus membawa kunci ruang kelas dan mengembalikannya setelah selesai mengajar

3.   Pemasangan CCTV

4.   Menyediakan formulir permintaan perbaikan barang fasilitas ruang kelas yang ditempatkan di ruang perkuliahan

Peningkatan 1.   Menjaga dan mengganti barang-barang fasilitas ruang kelas dengan baik sesuai jangka waktu pemakaiannya.

2.   Melalui Evaluasi Mutu Internal

No Parameter Mutu Indikator
3 Ruangan Dosen Setiap dosen mempunyai ruangan di ruang dosen dan atau di ruang laboratorium atau di ruang tempat kerja sebagai manajerial.
Penetapan Program Kerja dan RAPB
Pelaksanaan 1.   Memeriksa keberadaan  fasilitas ruang kerja dosen secara berkala

2.   Menempatkan daftar barang-barang yang ada di dalam kelas

3.   Sosialisasi peraturan secara internal

Evaluasi Memeriksa secara berkala fasilitas ruang kerja dosen
Pengendalian 1.   Melakukan inventarisasi asset setiap enam (6) bulan sekali.

2.   Pemasangan CCTV

3.   Menyediakan formulir permintaan perbaikan barang fasilitas ruang kelas yang ditempatkan di ruang dosen

Peningkatan 1.   Menjaga dan mengganti barang-barang fasilitas ruang dosem dengan baik sesuai jangka waktu pemakaiannya.

2.   Melalui Evaluasi Mutu Internal

No Parameter Mutu Indikator
4 Fasilitas Dosen Setiap dosen difasilitasi minimal meja kursi, komputer dan atau laptop yang terhubung dengan jaringan/internet untuk meningkatkan kualitas belajar, mengajar maupun melakukan penelitian.
Penetapan Program Kerja dan RAPB
Pelaksanaan Setiap dosen mendapatkan fasilitas yang diperlukan guna menujang kegiatan proses pembelajaran.
Evaluasi Setiap dosen bertanggung jawab atas barang/ fasilitas yang diberikan.
Pengendalian Melakukan inventarisasi terhadap barang/fasilitas dosen
Peningkatan Melalui Evaluasi Mutu Internal
No Parameter Mutu Indikator
5 Fasilitas mesin pendeteksi plagiasi Dosen dapat menggunakan mesin pendeteksi plagiasi untuk kepentingan penulisan jurnal index.
Penetapan 1.   Program Kerja dan RAPB

2.   Sosialisasi secara internal

Pelaksanaan Dilakukan setiap menjelang sidang Karya Tulis Akhir (KTA) & Proyek Akhir Semester.
Evaluasi Setiap dosen harus memeriksa kembali hasil Karya Tulis Akhir (KTA) & Proyek Akhir Semester.
Pengendalian 1.   Setiap Karya Tugas Akhir (KTA) & Proyek Akhir Semester harus diperiksa oleh Tim Plagiasi guna kepentingan hasil murni (Kualitas) Karya Tugas Akhir (KTA) & Proyek Akhir Semester mahasiswa.

2.   Setiap dosen pembimbing harus lebih selektif dalam membaca isi Karya Tulis Akhir (KTA) & Proyek Akhir Semester mahasiswa bimbingannya.

Peningkatan 1.   Tidak terdapat plagiarism hasil karya tulis/Proyek akhir mahasiswa

2.   Melalui Evaluasi Mutu Internal

No Parameter Mutu Indikator
6 Fasilitas  ruang Kerja Tenaga Kependidikan Setiap tenaga penunjang yang terkait dengan administrasi difasilitasi minimal meja kursi, komputer dan atau laptop yang terhubung dengan jaringan/internet untuk meningkatkan pelayanan administrasi.
Penetapan 1.   Program kerja dan RAPB

2.   Sosialisasi secara internal

Pelaksanaan 1.   Bagian Umum menyiapkan ruang kerja untuk tenaga kependidikan

2.   Setiap tenaga kependidikan mendapatkan fasilitas yang diperlukan guna menujang kegiatan pelayanan administrasi sesuai dengan bidang/ unit.

Evaluasi Memeriksa secara berkala fasilitas ruang kerja tenaga kependidikan
Pengendalian 1.   Melakukan inventarisasi asset setiap enam (6) bulan sekali.

2.   Pemasangan CCTV

3.   Menyediakan formulir permintaan perbaikan barang fasilitas ruang kelas yang ditempatkan di ruang dosen

Peningkatan 1.   Menjaga dan mengganti barang-barang fasilitas ruang tenaga kependidikan dengan baik sesuai jangka waktu pemakaiannya.

2.   Melalui Evaluasi Mutu Internal

No. Parameter mutu Indikator
7 Kecukupan Prasarana Penunjang Prasarana penunjang (mushola, toilet, kantin, poliklinik, taman WiFi, theater dan olahraga) mencukupi kebutuhan
Penetapan 1.   Program kerja dan RAPB

2.   Sosialisasi secara internal

 

Pelaksanaan

Bagian Umum menyiapkan prasarana penunjang untuk dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa
Evaluasi Memeriksa secara berkala fasilitas prasarana penunjang
Pengendalian 1.   Melakukan inventarisasi asset setiap enam (6) bulan sekali.

2.   Pemasangan CCTV

3.   Menyediakan formulir permintaan perbaikan barang fasilitas ruang kelas yang ditempatkan di ruang dosen

Peningkatan 1.   Menjaga dan mengganti barang-barang fasilitas ruang tenaga kependidikan dengan baik sesuai jangka waktu pemakaiannya.

2.   Melalui Evaluasi Mutu Internal

No. Parameter mutu Indikator
8 Pemeliharaan gedung/aset Pemeliharaan rutin dari setiap sarana/prasarana sesuai dengan SOP yang ditentukan
Penetapan 1.   Program kerja dan RAPB

2.   Sosialisasi secara internal

Pelaksanaan Bagian Umum melakukan pemeliharaan atas gedung dan aset lainnya milik lembaga
Evaluasi Memeriksa dan memeliharan  secara berkala keberadaan gedung  dan aset lainnya
Pengendalian 1.   Melakukan inventarisasi asset setiap enam (6) bulan sekali.

2.   Pemasangan CCTV

3.   Menyediakan formulir permintaan perbaikan barang/aset yang ditempatkan disetiap ruang unit kerja

Peningkatan 1.   Merenovasi  gedung dan peremajaan atas aset yang ada

2.   Melalui Evaluasi Mutu Internal

No. Parameter mutu Indikator
9 Pemeriksaan Gedung/Aset Pemeriksaan gedung/aset meliputi  : pengujian grounding disemua gedung, kualitas trafo, genset, instalasi listrik, saluran telepon, instalasi air bersih, fire hydrant, tabung PMK, AC dan fasilitas lainnya dalam keadaan terkendali (‘in control’)
 

Penetapan

1.   Program kerja dan RAPB

2.   Sosialisasi secara internal

3.   Peraturan Pemerintah

4.   K3

Pelaksanaan Bagian Umum melakukan pengecekan atas gedung dan aset lainnya milik lembaga
Evaluasi Memeriksa secara berkala keberadaan gedung  dan aset lainnya
Pengendalian 1.   Melakukan inventarisasi asset setiap enam (6) bulan sekali.

2.   Pemasangan CCTV

3.   Menyediakan formulir permintaan perbaikan barang/aset yang ditempatkan disetiap ruang unit kerja

Peningkatan 1.   Peremajaan atas aset yang ada

2.   Melalui Evaluasi Mutu Internal

No. Parameter mutu Indikator
10 Kebersihan Indeks Kepuasan Mahasiswa tentang kebersihan ruang kelas, laboratorium, ruang administrasi pelayanan, toilet, prasarana pendukung/lingkungan
Penetapan 1.   Program kerja dan RAPB

2.   Sosialisasi secara internal

3.   Buku Peraturan Mahasiswa

4.   K3

Pelaksanaan Bagian Umum melakukan pengecekan pekerjaan yang dilakukan oleh Cleaning Service terhadap kebersihan ruang kelas, laboratorium, ruang administrasi pelayanan, toilet, prasarana pendukung/lingkungan
Evaluasi 1.   Melakukan rapat kordinasi dengan pengurus Koperasi

2.   Melakukan kordinasi dengan bagian akademik dan kemahasiswaan

Pengendalian 1.   Membentuk tim disiplin

2.   Melakukan pengecekan ke lapangan secara berkala

Peningkatan 1.   Kualitas kebersihan lingkungan kampu,  kebersihan ruang kelas, laboratorium, ruang administrasi pelayanan, toilet, prasarana pendukung/lingkungan semakin baik

2.   Melalui Evaluasi Mutu Internal

No. Parameter mutu Indikator
11 Kerapian Indeks Kepuasan Mahasiswa tentang kerapian ruang kelas, laboratorium dan ruang administrasi pelayanan
Penetapan 1.   Program kerja dan RAPB

2.   Sosialisasi secara internal

3.   K3

Pelaksanaan Bagian Umum melakukan pengecekan pekerjaan yang dilakukan oleh Cleaning Service terhadap kerapihan ruang kelas, laboratorium, dan ruang administrasi pelayanan
Evaluasi 1.   Melakukan rapat kordinasi dengan pengurus Koperasi

2.   Melakukan kordinasi dengan bagian akademik dan kemahasiswaan

Pengendalian 1.   Membentuk tim disiplin

2.   Melakukan pengecekan ke lapangan secara berkala

peningkatan 1.   Kualitas kebersihan lingkungan kampus,  kebersihan ruang kelas, laboratorium, ruang administrasi pelayanan, toilet, prasarana pendukung/lingkungan semakin baik

2.   Melalui Evaluasi Mutu Internal

No. Parameter mutu Indikator
12 Kecukupan buku Jumlah judul buku referensi yang harus tersedia
Penetapan Standar Nasional Perpustakaan
Pelaksanaan Seleksi bahan perpustakaan sesuai dengan kurikulum prodi, silabus dan permintaan pengguna.
Evaluasi dengan penyiangan (weeding) koleksi perpustakaan, memperoleh tambahan koleksi yang terbaru (edisi) dan membuat koleksi agar lebih dapat diandalkan sebagai sumber informasi yang akurat, relevan, up to date serta menarik.
Pengendalian Stock Opname
peningkatan Melalui Evaluasi Mutu Internal
No. Parameter mutu Indikator
13 Kecukupan buku Jumlah buku yang harus tersedia sesuai dengan SNP (Standar Nasional Perpustakaan)
Penetapan Standar Nasional Perpustakaan
Pelaksanaan Pengajuan penawaran pembelian dan penerimaan buku yang dicetak oleh akademik.
Evaluasi Merevisi Jumlah buku sesuai dengan data mahasiswa aktif.
Pengendalian Stock opname
peningkatan Melalui Evaluasi Mutu Internal
No. Parameter mutu Indikator
14 Jumlah buku wajib Diploma Tiga sebanyak  112  buku
Penetapan Sesuai dengan SNP (Standar Nasional Perpustakaan)
Pelaksanaan Perhitungan jumlah buku yang ideal .
Evaluasi Hasil perhitungan jumlah buku dengan menetapkan rasio yang sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan
Pengendalian Dari hasil perhitungan mengenai kebutuhan koleksi yang ideal.
Peningkatan 1.   Koleksi buku  melebihi kebutuhan pengguna sesuai dengan standar.

2.   Melalui Evaluasi Mutu Internal

No. Parameter mutu Indikator
15 Suasana Akademik Lingkungan kerja dengan atsmosfir akademik
Penetapan 1. Hasil Rapat Senat Akademik

2. Hasil Rapat Pejabat Struktural

Pelaksanaan Dilaksanakan dengan program acara Morning/ Afternoon  tea baik untuk dosen maupun tenaga kependidikan
Evaluasi (dosen) :

1.   Pembicaraan, pembahasan dan diskusi tentang perkembangan terkini seputar pariwisata

2.   Presentasi hasil penelitian, pengabdian, bedah buku

3.   Mendatangkan nara sumber eksternal dalam pembahasan seputar pendidikan dan bisnis pariwisata

(Tenaga Kependidikan)

1.   Pembicaraan, pembahasan dan diskusi tentang masalah seputar pekerjaan (proses kerja yang berhubungan dengan unit lain/terkait)

2.   Pembicaraan, pembahasan dan diskusi tentang masalah pekerjaan masing2 pegawai

Pengendalian 1.   Melalui hasil diskusi

2.   Melaui pemantauan dari atasan masing-masing (dosen dan tenaga kependidikan)

Peningkatan 1.   Melalui Evaluasi Mutu Internal

 

Article Attachments

Was this article helpful?

Related Articles