ISI BUKU MUTU 06
1. KEBIJAKAN MUTU
2. MANUAL MUTU STANDAR SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN
3. STANDAR SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN
4. FORMULIR STANDAR SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN
PARAMETER
No | Parameter Mutu | Indikator |
1 | Kecukupan perlengkapan ruang kelas | Setiap ruang kelas minimal disediakan papan tulis, LCD Proyektor, PC, keyboard, mouse, AC, Penunjuk waktu, kursi yang cukup, penerangan dan fentilasi udara yang cukup. |
Penetapan | Program Kerja dan RAPB | |
Pelaksanaan | 1. Memeriksa keberadaan fasilitas ruang kelas secara berkala
2. Menempatkan daftar barang-barang yang ada di dalam kelas 3. Sosialisasi peraturan secara internal |
|
Evaluasi | Memeriksa kembali fasilitas setelah digunakan pembelajaran/ perkuliahan. | |
Pengendalian | 1. Melakukan inventarisasi asset setiap enam (6) bulan sekali.
2. Setiap dosen yang mengajar harus membawa kunci ruang kelas dan mengembalikannya setelah selesai mengajar 3. Pemasangan CCTV 4. Menyediakan formulir permintaan perbaikan barang fasilitas ruang kelas yang ditempatkan di ruang perkuliahan |
|
Peningkatan | 1. Menjaga dan mengganti barang-barang fasilitas ruang kelas dengan baik sesuai jangka waktu pemakaiannya.
2. Melalui Evaluasi Mutu Internal |
No | Parameter Mutu | Indikator |
2 | Kecukupan ruang laboratorium | Setiap ruang laboratorium minimal disediakan papan tulis, LCD Proyektor, PC, keyborad, mouse AC, kursi yang cukup, dan penerangan yang cukup. |
Penetapan | Program Kerja dan RAPB | |
Pelaksanaan | 1. Memeriksa keberadaan fasilitas ruang kelas secara berkala
2. Menempatkan daftar barang-barang yang ada di dalam kelas 3. Sosialisasi peraturan secara internal |
|
Evaluasi | Memeriksa kembali fasilitas ruang laboratorium setelah digunakan pembelajaran/ perkuliahan. | |
Pengendalian | 1. Melakukan inventarisasi asset setiap enam (6) bulan sekali.
2. Setiap dosen yang mengajar harus membawa kunci ruang kelas dan mengembalikannya setelah selesai mengajar 3. Pemasangan CCTV 4. Menyediakan formulir permintaan perbaikan barang fasilitas ruang kelas yang ditempatkan di ruang perkuliahan |
|
Peningkatan | 1. Menjaga dan mengganti barang-barang fasilitas ruang kelas dengan baik sesuai jangka waktu pemakaiannya.
2. Melalui Evaluasi Mutu Internal |
No | Parameter Mutu | Indikator |
3 | Ruangan Dosen | Setiap dosen mempunyai ruangan di ruang dosen dan atau di ruang laboratorium atau di ruang tempat kerja sebagai manajerial. |
Penetapan | Program Kerja dan RAPB | |
Pelaksanaan | 1. Memeriksa keberadaan fasilitas ruang kerja dosen secara berkala
2. Menempatkan daftar barang-barang yang ada di dalam kelas 3. Sosialisasi peraturan secara internal |
|
Evaluasi | Memeriksa secara berkala fasilitas ruang kerja dosen | |
Pengendalian | 1. Melakukan inventarisasi asset setiap enam (6) bulan sekali.
2. Pemasangan CCTV 3. Menyediakan formulir permintaan perbaikan barang fasilitas ruang kelas yang ditempatkan di ruang dosen |
|
Peningkatan | 1. Menjaga dan mengganti barang-barang fasilitas ruang dosem dengan baik sesuai jangka waktu pemakaiannya.
2. Melalui Evaluasi Mutu Internal |
No | Parameter Mutu | Indikator |
4 | Fasilitas Dosen | Setiap dosen difasilitasi minimal meja kursi, komputer dan atau laptop yang terhubung dengan jaringan/internet untuk meningkatkan kualitas belajar, mengajar maupun melakukan penelitian. |
Penetapan | Program Kerja dan RAPB | |
Pelaksanaan | Setiap dosen mendapatkan fasilitas yang diperlukan guna menujang kegiatan proses pembelajaran. | |
Evaluasi | Setiap dosen bertanggung jawab atas barang/ fasilitas yang diberikan. | |
Pengendalian | Melakukan inventarisasi terhadap barang/fasilitas dosen | |
Peningkatan | Melalui Evaluasi Mutu Internal |
No | Parameter Mutu | Indikator |
5 | Fasilitas mesin pendeteksi plagiasi | Dosen dapat menggunakan mesin pendeteksi plagiasi untuk kepentingan penulisan jurnal index. |
Penetapan | 1. Program Kerja dan RAPB
2. Sosialisasi secara internal |
|
Pelaksanaan | Dilakukan setiap menjelang sidang Karya Tulis Akhir (KTA) & Proyek Akhir Semester. | |
Evaluasi | Setiap dosen harus memeriksa kembali hasil Karya Tulis Akhir (KTA) & Proyek Akhir Semester. | |
Pengendalian | 1. Setiap Karya Tugas Akhir (KTA) & Proyek Akhir Semester harus diperiksa oleh Tim Plagiasi guna kepentingan hasil murni (Kualitas) Karya Tugas Akhir (KTA) & Proyek Akhir Semester mahasiswa.
2. Setiap dosen pembimbing harus lebih selektif dalam membaca isi Karya Tulis Akhir (KTA) & Proyek Akhir Semester mahasiswa bimbingannya. |
|
Peningkatan | 1. Tidak terdapat plagiarism hasil karya tulis/Proyek akhir mahasiswa
2. Melalui Evaluasi Mutu Internal |
No | Parameter Mutu | Indikator |
6 | Fasilitas ruang Kerja Tenaga Kependidikan | Setiap tenaga penunjang yang terkait dengan administrasi difasilitasi minimal meja kursi, komputer dan atau laptop yang terhubung dengan jaringan/internet untuk meningkatkan pelayanan administrasi. |
Penetapan | 1. Program kerja dan RAPB
2. Sosialisasi secara internal |
|
Pelaksanaan | 1. Bagian Umum menyiapkan ruang kerja untuk tenaga kependidikan
2. Setiap tenaga kependidikan mendapatkan fasilitas yang diperlukan guna menujang kegiatan pelayanan administrasi sesuai dengan bidang/ unit. |
|
Evaluasi | Memeriksa secara berkala fasilitas ruang kerja tenaga kependidikan | |
Pengendalian | 1. Melakukan inventarisasi asset setiap enam (6) bulan sekali.
2. Pemasangan CCTV 3. Menyediakan formulir permintaan perbaikan barang fasilitas ruang kelas yang ditempatkan di ruang dosen |
|
Peningkatan | 1. Menjaga dan mengganti barang-barang fasilitas ruang tenaga kependidikan dengan baik sesuai jangka waktu pemakaiannya.
2. Melalui Evaluasi Mutu Internal |
No. | Parameter mutu | Indikator |
7 | Kecukupan Prasarana Penunjang | Prasarana penunjang (mushola, toilet, kantin, poliklinik, taman WiFi, theater dan olahraga) mencukupi kebutuhan |
Penetapan | 1. Program kerja dan RAPB
2. Sosialisasi secara internal |
|
Pelaksanaan |
Bagian Umum menyiapkan prasarana penunjang untuk dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa | |
Evaluasi | Memeriksa secara berkala fasilitas prasarana penunjang | |
Pengendalian | 1. Melakukan inventarisasi asset setiap enam (6) bulan sekali.
2. Pemasangan CCTV 3. Menyediakan formulir permintaan perbaikan barang fasilitas ruang kelas yang ditempatkan di ruang dosen |
|
Peningkatan | 1. Menjaga dan mengganti barang-barang fasilitas ruang tenaga kependidikan dengan baik sesuai jangka waktu pemakaiannya.
2. Melalui Evaluasi Mutu Internal |
No. | Parameter mutu | Indikator | ||
8 | Pemeliharaan gedung/aset | Pemeliharaan rutin dari setiap sarana/prasarana sesuai dengan SOP yang ditentukan | ||
Penetapan | 1. Program kerja dan RAPB
2. Sosialisasi secara internal |
|||
Pelaksanaan | Bagian Umum melakukan pemeliharaan atas gedung dan aset lainnya milik lembaga | |||
Evaluasi | Memeriksa dan memeliharan secara berkala keberadaan gedung dan aset lainnya | |||
Pengendalian | 1. Melakukan inventarisasi asset setiap enam (6) bulan sekali.
2. Pemasangan CCTV 3. Menyediakan formulir permintaan perbaikan barang/aset yang ditempatkan disetiap ruang unit kerja |
|||
Peningkatan | 1. Merenovasi gedung dan peremajaan atas aset yang ada
2. Melalui Evaluasi Mutu Internal |
|||
No. | Parameter mutu | Indikator | ||
9 | Pemeriksaan Gedung/Aset | Pemeriksaan gedung/aset meliputi : pengujian grounding disemua gedung, kualitas trafo, genset, instalasi listrik, saluran telepon, instalasi air bersih, fire hydrant, tabung PMK, AC dan fasilitas lainnya dalam keadaan terkendali (‘in control’) | ||
Penetapan |
1. Program kerja dan RAPB
2. Sosialisasi secara internal 3. Peraturan Pemerintah 4. K3 |
|||
Pelaksanaan | Bagian Umum melakukan pengecekan atas gedung dan aset lainnya milik lembaga | |||
Evaluasi | Memeriksa secara berkala keberadaan gedung dan aset lainnya | |||
Pengendalian | 1. Melakukan inventarisasi asset setiap enam (6) bulan sekali.
2. Pemasangan CCTV 3. Menyediakan formulir permintaan perbaikan barang/aset yang ditempatkan disetiap ruang unit kerja |
|||
Peningkatan | 1. Peremajaan atas aset yang ada
2. Melalui Evaluasi Mutu Internal |
No. | Parameter mutu | Indikator |
10 | Kebersihan | Indeks Kepuasan Mahasiswa tentang kebersihan ruang kelas, laboratorium, ruang administrasi pelayanan, toilet, prasarana pendukung/lingkungan |
Penetapan | 1. Program kerja dan RAPB
2. Sosialisasi secara internal 3. Buku Peraturan Mahasiswa 4. K3 |
|
Pelaksanaan | Bagian Umum melakukan pengecekan pekerjaan yang dilakukan oleh Cleaning Service terhadap kebersihan ruang kelas, laboratorium, ruang administrasi pelayanan, toilet, prasarana pendukung/lingkungan | |
Evaluasi | 1. Melakukan rapat kordinasi dengan pengurus Koperasi
2. Melakukan kordinasi dengan bagian akademik dan kemahasiswaan |
|
Pengendalian | 1. Membentuk tim disiplin
2. Melakukan pengecekan ke lapangan secara berkala |
|
Peningkatan | 1. Kualitas kebersihan lingkungan kampu, kebersihan ruang kelas, laboratorium, ruang administrasi pelayanan, toilet, prasarana pendukung/lingkungan semakin baik
2. Melalui Evaluasi Mutu Internal |
No. | Parameter mutu | Indikator |
11 | Kerapian | Indeks Kepuasan Mahasiswa tentang kerapian ruang kelas, laboratorium dan ruang administrasi pelayanan |
Penetapan | 1. Program kerja dan RAPB
2. Sosialisasi secara internal 3. K3 |
|
Pelaksanaan | Bagian Umum melakukan pengecekan pekerjaan yang dilakukan oleh Cleaning Service terhadap kerapihan ruang kelas, laboratorium, dan ruang administrasi pelayanan | |
Evaluasi | 1. Melakukan rapat kordinasi dengan pengurus Koperasi
2. Melakukan kordinasi dengan bagian akademik dan kemahasiswaan |
|
Pengendalian | 1. Membentuk tim disiplin
2. Melakukan pengecekan ke lapangan secara berkala |
|
peningkatan | 1. Kualitas kebersihan lingkungan kampus, kebersihan ruang kelas, laboratorium, ruang administrasi pelayanan, toilet, prasarana pendukung/lingkungan semakin baik
2. Melalui Evaluasi Mutu Internal |
No. | Parameter mutu | Indikator |
12 | Kecukupan buku | Jumlah judul buku referensi yang harus tersedia |
Penetapan | Standar Nasional Perpustakaan | |
Pelaksanaan | Seleksi bahan perpustakaan sesuai dengan kurikulum prodi, silabus dan permintaan pengguna. | |
Evaluasi | dengan penyiangan (weeding) koleksi perpustakaan, memperoleh tambahan koleksi yang terbaru (edisi) dan membuat koleksi agar lebih dapat diandalkan sebagai sumber informasi yang akurat, relevan, up to date serta menarik. | |
Pengendalian | Stock Opname | |
peningkatan | Melalui Evaluasi Mutu Internal |
No. | Parameter mutu | Indikator |
13 | Kecukupan buku | Jumlah buku yang harus tersedia sesuai dengan SNP (Standar Nasional Perpustakaan) |
Penetapan | Standar Nasional Perpustakaan | |
Pelaksanaan | Pengajuan penawaran pembelian dan penerimaan buku yang dicetak oleh akademik. | |
Evaluasi | Merevisi Jumlah buku sesuai dengan data mahasiswa aktif. | |
Pengendalian | Stock opname | |
peningkatan | Melalui Evaluasi Mutu Internal |
No. | Parameter mutu | Indikator |
14 | Jumlah buku wajib | Diploma Tiga sebanyak 112 buku |
Penetapan | Sesuai dengan SNP (Standar Nasional Perpustakaan) | |
Pelaksanaan | Perhitungan jumlah buku yang ideal . | |
Evaluasi | Hasil perhitungan jumlah buku dengan menetapkan rasio yang sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan | |
Pengendalian | Dari hasil perhitungan mengenai kebutuhan koleksi yang ideal. | |
Peningkatan | 1. Koleksi buku melebihi kebutuhan pengguna sesuai dengan standar.
2. Melalui Evaluasi Mutu Internal |
No. | Parameter mutu | Indikator |
15 | Suasana Akademik | Lingkungan kerja dengan atsmosfir akademik |
Penetapan | 1. Hasil Rapat Senat Akademik
2. Hasil Rapat Pejabat Struktural |
|
Pelaksanaan | Dilaksanakan dengan program acara Morning/ Afternoon tea baik untuk dosen maupun tenaga kependidikan | |
Evaluasi | (dosen) :
1. Pembicaraan, pembahasan dan diskusi tentang perkembangan terkini seputar pariwisata 2. Presentasi hasil penelitian, pengabdian, bedah buku 3. Mendatangkan nara sumber eksternal dalam pembahasan seputar pendidikan dan bisnis pariwisata (Tenaga Kependidikan) 1. Pembicaraan, pembahasan dan diskusi tentang masalah seputar pekerjaan (proses kerja yang berhubungan dengan unit lain/terkait) 2. Pembicaraan, pembahasan dan diskusi tentang masalah pekerjaan masing2 pegawai |
|
Pengendalian | 1. Melalui hasil diskusi
2. Melaui pemantauan dari atasan masing-masing (dosen dan tenaga kependidikan) |
|
Peningkatan | 1. Melalui Evaluasi Mutu Internal |